Website Resmi 

DINSOS PMD BATENG

Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Tengah

 

 

 

Babelpos.co  KOBA – Pemerintah Daerah Bangka Tengah melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa mengucurkan bantuan Program Beras Keluarga Sejahtera (Rastrada) kepada 1.500 warga masyarakat yang tersebar di Enam Kecamatan di Bangka Tengah.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bangka Tengah, Budi Utama mengatakan Program Beras Keluarga Sejahtera (Rastrada) yang diperuntukkan bagi masyarakat yang tidak terakomodir di Program Bansos Rastra dari Pemerintah pusat.

“Program Rastrada ini pada dasarnya mengakomodir warga yang kurang mampu tetapi tidak tercatat di program Bansos Rastra dari pemerintah pusat,” ujarnya kepada Babel Pos, Kamis (01/03).

Budi juga menyampaikn bahwa sumber dana dari Program Rastrada tersebut yaitu murni dari APBD dan untuk masyarakat yang menerima bantuan program Rastrada tersebut, pihaknya memperoleh dari Desa.

“Untuk masyarakat yang menerima bantuan Rastrada itu masing-masing memperoleh 15 kilogram beras, namun program Rastrada ini baru dilaksanakan pada bulan April hingga bulan September, totalnya selama enam bulan,” terangnya. Budi mengatakan Program Rastrada sebenarnya merupakan program lanjutan dimana program Rastrada tersebut mulai dilaksanakan dari tahun 2016 lalu dan terus dilakukan Pemerintah Daerah hingga sekarang,

 

“Penerima bantuan rastrada ini tersebar di enam kecamatan yang ada di Bangka Tengah dan jumlah penerima pada tahun ini mengalami penurunan karena, ada penerima yang sebelumnya sudah meningkat kesejahteraan keluarganya sehingga tidak diakomodasi lagi dalam program bantuan beras keluarga sejahtera itu,” sebutnya. 

Untuk data penerima beras keluarga sejahtera tersebut, Budi mengatakan pihaknya menerima data penerima dari masing-masing desa yang ada di Bangka Tengah dengan kategori masyarakat tidak mampu maupun masyarakat miskin.

“Karena kuota penerima bansos rastra dari pemerintah pusat sudah ditetapkan, sementara masih banyak warga yang belum mendapatkan maka kami akomodasi dalam program beras keluarga sejahtera daerah,” pungkasnya. (ynd)