Website Resmi 

DINSOS PMD BATENG

Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Tengah

 

 

KOBA – Pendaftaran calon kepala desa (kades) di Bangka Tengah (Bateng) resmi ditutup pada Selasa (28/8/2018). Tercatat dari 20 desa yang mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), ada enam desa yang memiliki calon kades diatas lima orang.

Enam desa tersebut yakni Cambai Selatan dengan enam calon, Air Mesu Timur, Kebintik sebanyak enam calon, Terak sembilan orang, Kulur enam orang dan Lampur sebanyak sembilan calon.

“Ada enam desa dengan calon diatas lima orang, yakni Cambai Selatan, Air Mesu Timur, Kebintik, Terak, Kulur dan Lampur,” ujar Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bateng, Budi Utama saat dikonfirmasi Rakyat Pos, Rabu (29/8/2018).

Menurut dia, calon diatas lima orang memang ada persyaratan yang diprioritaskan yakni pernah bekerja di bidang pemerintah, pendidikan dan faktor usia.

“Kuncinya minimal dua calon, maksimal lima calon. Kemudian yang dua calon, yakni Desa Melabun dan Desa Beriga,” ungkap Budi Utama.

Menurut dia, setelah penutupan pada Selasa (28/8/2018), maka akan dilakukan verifikasi pada tanggal 29-17 September 2018. Nantinya, katanya, bakal ada pengerucutan calon minimal dua calon dan maksimal lima calon.

“Kemudian penetapan tanggal 17 September 2018 dan akan mengikuti pilkades tanggal 27 Oktober 2018 kelak,” tuturnya.

Budi Utama menambahkan pada tanggal 20 September 2018 dijadwalkan akan dilakukan pengambilan nomor urut. Sedangkan ada calon incumbent yang masih maju yakni Desa Kebintik dan Cambai Selatan.

“Sebanyak 20 kepala desa yang mengikuti pilkades. Kemudian, anggaran juga sudah disiapkan sebesar Rp1,2 miliar yang bersumber dari APBD Bateng,” katanya. (ran/10)